Banyak mekanik yang sering otak-oatik mesin supaya tenaga yang dihasilkan meningkat. Setiap mekanik mempunyai kebiasaan-kebiasaan sendiri dalam mengerjakannya. Salah satunya dengan mengganti setang seher / Conecting rod. Di dunia balap liar atau dunia touring, trik ini sangat populer untuk memanjangkan stroke/ langkah seher namun tanpa paking tambahan di blok atau kepala silinder.
Dalam balap, curi stroke dipakai di kelas standaran. Kelas standaran artinya tampang luar mesin harus terlihat standar, boleh Bore Up atau bahkan stroke up asalkan kondisi mesin tidak ada perubahan. Melihat dari trik tersebut, sah saja bila digunakan di motor harian agar performa lebih “Galak”.
Kesempatan kali ini saya ingin berbagi materi tentang Stang Piston sepeda motor, Cara Naik Stroke Dengan Mengganti Setang Seher, informasi ini saya kutip dari berbagai sumber.
Biasanya yang dipakai setang seher lebih pendek dari standar. Sehingga posisi seher lebih mendem dari asli. Posisi TMA (Titik Mati Atas) atau TMB (Titik Mati Bawah) tetap lebih turun. Posisi seher jadi mendem. Nah, karena seher mendem, agar sejajar dengan blok atas ketika top, harus naik stroke. Jadinya, dengan begitu walaupun naik stroke tidak perlu paking tebal. Dari luar nampak standar. Cara Naik Stroke Dengan Mengganti Setang Seher saja ini yang banyak dimanfaatkan mekanik untuk turun di kelas standaran.Dalam balap, curi stroke dipakai di kelas standaran. Kelas standaran artinya tampang luar mesin harus terlihat standar, boleh Bore Up atau bahkan stroke up asalkan kondisi mesin tidak ada perubahan. Melihat dari trik tersebut, sah saja bila digunakan di motor harian agar performa lebih “Galak”.
Kesempatan kali ini saya ingin berbagi materi tentang Stang Piston sepeda motor, Cara Naik Stroke Dengan Mengganti Setang Seher, informasi ini saya kutip dari berbagai sumber.
Untuk mencari setang seher pendek kita harus bisa mengukurnya. Sehingga kita bisa memilih stroke yang kita inginkan. Misalkan Suzuki Spin 125 panjang setang seher standar 102,5 mm. Supaya seher lebih mendem menggunakan setang seher Shogun 110 atau Smash yang 94 mm.
Untuk itu kita mesti tahu cara mengukur panjang setang seher. Lebih jelas sambil lihat gambar 1. Rumus mengukur panjang setang seher = Panjang setang terdalam (A) + setengah diameter big end (C) + setengah diameter pen seher (B).
Lebih sederhanya, panjang setang seher (L) yaitu:
L = A + ½B + 1/2C
Sumber: (motorplus-online.com)
TABEL PANJANG
SETANG SEHER
NO
|
Motor
|
L
|
C
|
B
|
Ket.
|
1
|
HONDA
|
||||
Beat
|
93
|
13
|
25
|
||
Vario, CBS
|
93
|
13
|
26
|
||
CS 1
|
91
|
13
|
28
|
||
C70
|
91,5
|
13
|
23
|
||
C90
|
91
|
15
|
23
|
||
C-Series (Supra/grand, DLL)
|
94
|
13
|
25
|
||
Legenda
|
97
|
13
|
25
|
||
Karisma
|
100
|
13
|
25
|
||
CB 125
|
91
|
13
|
23
|
||
CB 100
|
103
|
14
|
26
|
||
GL 125/145 (GL 100, Max, Pro)
|
103,5
|
15
|
30
|
||
Tiger, Pro Neo, Mega Pro
|
105,5
|
15
|
30
|
||
2
|
YAMAHA
|
||||
Crypton/Vega/Jupiter/Jupiter 110
|
92
|
13
|
26
|
||
Vega ZR
|
93,5
|
13
|
28
|
||
Mio/NouvoZ
|
93,5
|
15
|
28
|
||
MX / V-ixion
|
97
|
14
|
28
|
||
Scorpio
|
105
|
16
|
30
|
||
Byson
|
98
|
15
|
28
|
||
RX-King
|
100
|
16/20
|
22
|
||
RX-Z
|
105
|
16/20
|
22
|
||
F1Z-R
|
96
|
14/18
|
20
|
||
124Z
|
110
|
16/20
|
22
|
||
3
|
SUZUKI
|
||||
Spin
|
97
|
14
|
28
|
||
Thunder 125
|
14
|
||||
Shogun 110
|
94
|
14
|
28
|
||
Shogun 125
|
102,7
|
14
|
28
|
||
Raider/Satria FU/FXR
|
102,5
|
16
|
30
|
||
4
|
KAWASAKI
|
||||
Kaze
|
100
|
13
|
26
|
||
ZX130
|
100,2
|
13
|
22
|
||
Ninja
|
105
|
15
|
25
|
||
Ninja KRR
|
104
|
19
|
22
|
||
5
|
Bajaj
|
||||
Pulsar
|
104
|
17
|
30
|
Keterangan:
1. Semua satuan dalam mm
2. Khusus mesin 2-tak B angkanya ada dua. Misalnya punya 16/20. Artinya 16 mm besarnya pen seher dan 20 diameter lubang pen seher. Angkanya ada selisi karena di mesin 2-tak ada laher bambu di pen sehernya.
1. Semua satuan dalam mm
2. Khusus mesin 2-tak B angkanya ada dua. Misalnya punya 16/20. Artinya 16 mm besarnya pen seher dan 20 diameter lubang pen seher. Angkanya ada selisi karena di mesin 2-tak ada laher bambu di pen sehernya.
Demikian info dari saya, semoga bermanfaat.
<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script> <script> (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({ google_ad_client: "ca-pub-8131525179470220", enable_page_level_ads: true }); </script>
Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'
ReplyDeleteKomennya jd togel
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeletebang ukuran big end stang seher thunder 125 brarpa yah???
ReplyDeleteThis comment has been removed by a blog administrator.
DeleteLak mbok dipasangin dewe togele
ReplyDeleteSuhu.mw nanya klo stang piston mega pro di ganti tiger apakah bnyak yg di rubah..trmaksih...
ReplyDeleteSaya mau tanya..
ReplyDeleteMotor saya gl black engine saya mau ganti stang seher tiger itu nambah paking berapa mili
Makasih informasinya tadinya saya mau pakai setang seher shogun 110 masih ragu" karena saya mau naik stroke 6mm oke saya akan coba mudah" Han gx rugi
ReplyDeleteSuhu klo klx pke stang byson ada yg perlu d rubah gk?
ReplyDelete