Contohnya sebagai berikut:
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMA
Mata pelajaran : PPKn
Kelas / Semester : X / I
Materi Pokok : Sistem Pemerintahan Demokrasi Berdasarkan Pancasila
Lokasi Waktu : 1 Pertemuan ( ..... menit )
A.
Kompetensi
Inti
1. Sikap Spiritual
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Sikap
Sosial
Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Pengetahuan
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Keterampilan
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodiikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.
|
|
2.1 Menghayati
nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
|
|
3.3.
Memahami bentuk dan kedaulatan
Negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
|
3.3.1
Menjelaskan konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.3.2 Mendeskripsikan
bentuk pemerintahan Republik.
3.3.3 Menjelaskan sistem pemerintahan demokrasi
berdasarkan pancasila
3.3.4
Mendeskripsikan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
4.3 Menyaji hasil telaah bentuk
dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
|
4.3.1 Menyaji hasil telaah
bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.2 Mengomunikasikan hasil telaah bentuk dan
kedaulatan negara sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia
Tahun 1945.
|
C.
Deskripsi
Materi Pembelajaran
(Terlampir)
D.
Langkah
– Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
4
1.
Pendahuluan
a. Guru mengucapkan salam diteruskan berdoa bersama
peserta didik
b. Guru melakukan presensi siswa.
c. Memulai pembelajaran dengan pertanyaan-pertanyaan
yang berkaitan dengan pembelajaran minggu yang lalu, yaitu “Coba kalian
sebutkan bentuk-bentuk pemerintahan yang sudah kalian pelajari pada minggu lalu!”
d. Apersepsi guru dengan pertanyaan, “Indonesia
menggunakan sistem pemerintahan apa?”
dan diajak, “Ayo
sekarang kita mempelajari sistem pemerintahan demokrasi pancasila!”
e. Guru
menyampaikan informasi mengenai kompetensi dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mendeskripsikan sisetem
pemerintahan demokrasi pancasila.
f. Peserta didik dibagi dalam 2 kelompok
2.
Inti
a. Mengamati :
-
Peserta
didik mencari pengertian sistem pemerintahan, prinsip-prinsip pemerintahan, sistem
pemerintahan presidensial, Pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia di buku
paket secara berkelompok.
b. Menanya :
-
Peserta
didik menanya berkaitan dengan sistem
pemerintahan.
-
Peserta
didik menanya berkaitan dengan
prinsip-prinsip pemerintahan.
-
Peserta
didik menanya berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial.
-
Peserta
didik menanya berkaitan dengan pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia.
c. Mengumpulkan
informasi:
-
Peserta
didik mencari informasi tentang arti sistem pemerintahan.
-
Peserta
didik mencari informasi tentang prinsip-prinsip
pemerintahan.
-
Peserta
didik mencari informasi tentang sistem pemerintahan presidensial.
-
Peserta
didik mencari informasi tentang pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia
d. Mengasosiasi
:
-
Peserta
didik berdialog mencari arti
sistem pemerintahan, prinsip-prinsip
pemerintahan sistem pemerintahan presidensial, pokok-pokok sistem pemerintahan
Indonesia.
-
Peserta
didik mencoba untuk menyimpulkan arti sistem pemerintahan, prinsip-prinsip
pemerintahan sistem pemerintahan presidensial, pokok-pokok sistem pemerintahan
Indonesia.
e. Mengomunikasikan
:
-
Peserta
didik mempresentasikan hasil kerja kelompok
-
Peserta
didik saling memberikan tanggapan terhadap hasil
kerja kelompok lain
3.
Penutup
a. Peserta didik dengan dibimbing oleh guru merumuskan
kesimpulan dengan tanya jawab secara klasikal
b. Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran atas
materi yang telah diperoleh selama pelajaran berlangsung
c. Mengonfirmasi hasil
kerja kelompok
d. Guru
memberi tugas untuk mempelajari materi yang akan dipelajari minggu depan yaitu kedaulatan negara republic Indonesia.
e. Guru menutup pembelajaran dengan Do’a dan salam
penutup.
E.
Penilaian
1.
Sikap
Spiritual
a.
Teknik Penilaian : Observasi
c.
Kisi-kisi : Sikap Spriitual Beriman Kepada Tuhan Yang Maha
Esa
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah pelajaran.
|
1
|
2
|
Mengucapkan salam pada awal dan akhir menyampaikan
pendapat
|
1
|
3
|
Bersyukur atas nikmat karunia Tuhan Yang Maha Esa
|
1
|
Instrumen:
lihat Lampiran 1A
2.
Sikap
Sosial
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
Penilaian Observasi
c.
Kisi-kisi : Sikap Sosial Jujur
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Tidak mencontek pada saat mengerjakan ulangan.
|
1
|
2
|
Berani mengakui kesalahan yang diperbuat.
|
1
|
3
|
Mengakui kekurangan yang dimiliki
|
1
|
Instrumen:
lihat Lampiran 2A
Sikap Sosial
a.
Teknik Penilaian :
Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
Penilaian Observasi
c.
Kisi-kisi : Sikap
Sosial Toleransi
No
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
1
|
Tidak mengganggu teman yang
berbeda pendapat
|
1
|
2
|
Menerima kesepakatan meskipun
berbeda dengan pendapatnya
|
1
|
3
|
Mampu dan mau bekerja sama dengan
siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
|
1
|
Instrumen: lihat Lampiran 2B
3.
Pengetahuan
a.
Teknik Penilaian : Tes
Tertulis
b.
Bentuk Instrumen : Uraian
c.
Kisi-kisi :
Arti Penting Semangat Persatuan dan Kesatuan untuk Memperkuat dan
Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
No
|
Indikator
|
Butir Soal
|
1
|
1.
sistem
pemerintahan
2.
prinsip-prinsip pemerintahan
3.
sistem pemerintahan presidensial
4.
pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia.
|
1 dan 2
3
4 dan 5
6 s/d 10
|
Instrumen:
lihat Lampiran 3
4.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : Observasi
b.
Bentuk Instrumen : Lembar
observasi
Kisi-kisi :
Menjelaskan aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan
bernegara
No
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
A.
|
Penyajian
|
1, 2.3
|
1
|
Menanya/Menjawab
|
1
|
2
|
Argumentasi
|
1
|
3
|
Bahan
Tayang/Displai
|
1
|
B.
|
Laporan
|
1, 2.3
|
1
|
Isi
Laporan
|
1
|
2
|
Penggunaan Bahasa
|
1
|
3
|
Estetika
|
1
|
Instrumen:
lihat Lampiran 4
F.
Media,
Alat,
dan Sumber Pembelajaran
1. Media :
-
Video ………………………………………….
-
……………………………………
2.
Alat/ bahan :
-
LCD, Laptop
-
…………………………………………………..
3.
Sumber Belajar :
-
Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
Kelas X.
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mengetahui,
INSTRUKTUR
PPG
_______________________
NIP.
|
Yogyakarta, ___________
Jawi Winarno, S.Pd
NIM.
|
Artikel lain:
Contoh Evaluasi Pembelajaran. Klik di sini
Contoh Evaluasi Pembelajaran. Klik di sini
No comments:
Post a Comment