Sunday, May 31, 2015

Contoh Lembar Penilaian (Evaluasi) Kurikulum 2013, Permendikbud No 104 Tahun 2014

Berikut ini saya akan sedikit membagikan contoh Lembar Penilaian (Evaluasi) Kurikulum 2013, evaluasi ini berdasarkan pengembangan menurut PERMENDIKBUD NO 104 TAHUN 2014 yang saya pelajari di PPG SM-3T UNY Program studi PPKN. Dalam penyusunannya bisa disesuaikan dengan materinya, bisa dirubah.. asal tidak merubah sistematikanya.
Contohnya sebagai berikut:

LAMPIRAN 1A

LEMBAR OBSERVASI

Kelas                                  : X
Semester                             : II (dua)
Tahun Pelajaran                  : 2015
Periode Pengamatan           : Tanggal ……. s.d. .......
Butir Nilai                          : Beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa
Indikator Sikap                  :
1.    Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
2.    Mengucapkan salam pada awal dan akhir menyampaikan pendapat.
3.    Bersyukur atas nikmat karunia Tuhan Yang Maha Esa

No.

Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Spiritual
 (1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
      1.             







      2.             







      3.             







      4.             








..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,


4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati


                                                                                               
LAMPIRAN 1B

PETUNJUK PENGHITUNGAN SKOR SIKAP SPIRITUAL

1.   Rumus Penghitungan Skor

Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x 4
Skor Maksimal

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4

2.   Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 yaitu:

Sangat Baik (SB)   : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                  : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C)              : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)             : apabila memperoleh  Skor Akhir:  Skor Akhir ≤ 1,33





LAMPIRAN 2A
A.  Lembar Observasi
LEMBAR OBSERVASI 1

Kelas                                  : X
Semester                             : II (dua)
Tahun Pelajaran                  : 2015
Periode Pengamatan           : Tanggal s.d. .......
Butir Nilai                          : Jujur
Indikator Sikap                  :
1.    Tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan.
2.    Berani mengakui kesalahan yang diperbuat.
3.    Mengakui kekurangan yang dimiliki
No.

Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Jujur
 (1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
      1.             







      2.             







      3.             







      4.             








..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,





4 = apabila SELALU melakukan perilaku yang diamati
3 = apabila SERING melakukan perilaku yang diamati
2 = apabila KADANG-KADANG melakukan perilaku yang diamati
1 = apabila TIDAK PERNAH melakukan perilaku yang diamati
LAMPIRAN 2B

PETUNJUK PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI SIKAP SOSIAL

1.   Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x 4
Skor Maksimal

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4
2.   Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 yaitu:
Sangat Baik (SB)   : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                  : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C)              : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)             : apabila memperoleh  Skor Akhir:  Skor Akhir ≤ 1,33

   
LEMBAR OBSERVASI 2

Kelas                                  : X
Semester                             : II (dua)
Tahun Pelajaran                  : 2015
Periode Pengamatan           : Tanggal ……. s.d. .........
Butir Nilai                          : Toleransi
Indikator Sikap                  :
1.      Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
2.      Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
3.      Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan

No.

Nama Peserta Didik
Skor Indikator Sikap Disiplin
 (1 – 4)
Jumlah Perolehan
Skor
Skor Akhir
Tuntas/Tidak Tuntas
Indikator 1
Indikator 2
Indikator 3
1







2







3







4








..................,......................... 2015
Guru Praktikan Mata Pelajaran,

 
PETUNJUK PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI SIKAP SOSIAL

1.      Rumus Penghitungan Skor Akhir


Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x 4
Skor Maksimal

Skor Maksimal = Banyaknya Indikator x 4

2.      Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 yaitu:
Sangat Baik (SB)   : apabila memperoleh Skor Akhir: 3,33 < Skor Akhir ≤ 4,00
Baik (B)                  : apabila memperoleh Skor Akhir: 2,33 < Skor Akhir ≤ 3,33
Cukup (C)              : apabila memperoleh Skor Akhir: 1,33 < Skor Akhir ≤ 2,33
Kurang (K)             : apabila memperoleh  Skor Akhir:  Skor Akhir ≤ 1,33
            



LAMPIRAN 3

INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN
(DAFTAR PERTANYAAN)

A.  Petunjuk Pengisian

Kerjakan soal-soal di bawah dengan benar. Jawaban Anda akan mendapatkan skor 0 sampai 20, dengan ketentuan sebagai berikut:
1.      Skor terendah adalah 0, yaitu apabila tidak ada satu pun jawaban yang benar
2.      Skor tertinggi adalah 20, yaitu apabila semua jawaban benar
3.      Setiap jawaban akan mendapatkan skor sesuai dengan kadar jawabannya.   
4.      Menjawab semua soal dengan benar mendapatkan total skor 100.
B.  Soal
1.      Apa yang dimaksud dengan lembaga peradilan?
2.      Jelaskan tugas pokok badan peradilan!
3.      Sebutkan badan peradilan yang berada dibawah peradilan mahkamah agung!
4.      Apa tugas dan wewenang pengadilan agama?
5.      Jelaskan Peraturan yang menjelaskan tentang kekuasaan kehakiman!

Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
Uji Kompetensi 1.1
No Soal
Kunci Jawaban
Rubrik
1.
Lembaga peradilan adalah alat perlengkapan negara yang bertugas mempertahankan tetap tegaknya hukum nasional.
skor 20
2.
Menerima, memeriksa, dan mengadili serta menyelesaikan setiap perkara yang melanggar hukum dan diajukan kepadanya.Seperti yang tercantum dalam Pasal 24 UUD Negara RI Tahun 1945 dan UU No. 4 Tahun 2004 Pasal 1
skor 20

3.
Badan peradilan yang berada dibawah peradilan mahkamah agung meliputi badan peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, dan peradilan tata usaha negara.

skor 20

4.
Tugas dan wewenang pengadilan agama pada pokoknya adalah memeriksa dan memutus sengketa antar orang-orang yang beragama islam mengenai bidang hukum perdata tertentu yang harus di putus berdasarkan syariat islam.

skor 20

5.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2009 Pasal 10
skor 20

Pedoman Penskoran:
Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x 4
Skor Maksimal
Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 yaitu:

a.  3,85 - 4,00 dengan  huruf  A;
b.  3,51 - 3,84 dengan  huruf  A-;
c.  3,18 - 3,50 dengan  huruf  B+;
d.  2,85 - 3,17 dengan  huruf  B;
e.  2,51 - 2,84 dengan  huruf  B-;
f.  2,18 - 2,50 dengan  huruf  C+;
g.  1,85 - 2,17 dengan  huruf  C;
h.  1,51 - 1,84 dengan  huruf  C-;
i.  1,18 - 1,50 dengan  huruf  D+; dan
j.  1,00 - 1,17 dengan  huruf  D.

Ketuntasan kompetensi keterampilan sebagaimana dimaksud dalam PERMENDIKBUD NO 104 TAHUN 2014 Pasal ditetapkan paling kecil 2,67.








LAMPIRAN 4

INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN
Lembar Penilaian Penyajian dan Laporan Hasil Telaah
Nama/Kelompok         : ......................................
                                    : ......................................
                                    : ......................................
                                    : ......................................
Kelas                           :  X
Materi Pokok            : Mangarungi Bahtera Keadilan Bangsa.


N0
Aspek Penilaian
Penskoran


1
2
3
4
A.
Penyajian




1
Menanya/Menjawab




2
Argumentasi




3
Bahan Tayang/Displai




B.
Laporan




1
Isi Laporan




2
Penggunaan Bahasa




3
Estetika





Jumlah Skor


Skor Akhir


Komentar Guru
Tanda Tangan









Pedoman Penskoran (rubrik) :

No
Aspek
Penskoran
1
Menanya/Menjawab
Skor 4, apabila selalu menjawab/menanya
Skor 3, apabila sering menjawab/menanya
Skor 2, apabila kadang-kadang menjawab/menanya
Skor 1, apabila tidak pernah menjawab/menanya.
2
Argumentasi
Skor 4, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan jelas.
Skor 3, apabila materi/jawaban benar, rasional, dan
tidak jelas
Skor 2, apabila materi/jawaban benar, tidak rasional,
dan tidak jelas
Skor 1, apabila materi/jawaban tidak benar, tidak
rasional, dan tidak jelas
3
3 Bahan tayang
Skor 4, apabila sistematis, kreatif, menarik
Skor 3, apabila sistematis, kreatif, tidak menarik
Skor 2, apabila sistematis, tidak kreatif, tidak menarik
Skor 1, apabila tidak sistematis, tidak kreatif, tidak
Menarik
4
4 Isi laporan
Skor 4, apabila isi laporan benar, rasional, dan
sistematika lengkap
Skor 3, apabila isi laporan benar, rasional, dan
sistematika tidak lengkap
Skor 2, apabila isi laporan benar, tidak rasional, dan
sistematika tidak lengkap
Skor 1, apabila isi laporan tidak benar, tidak rasional,
dan sistematika tidak lengkap
5
 Penggunaan bahasa
Skor 4, apabila menggunakan bahasa dan penulisan
sesuai EYD, serta mudah dipahami
Skor 3, apabila menggunakan bahasa dan penulisan
sesuai EYD, namun tidak mudah dipahami
Skor 2, apabila menggunakan bahasa seuai EYD,
namun penulisan tidak sesuai EYD.
6
Estetika

Estetika Skor 4, apabila kreatif, rapi, dan menarik
Skor 3, apabila kreatif, rapi, dan kurang menarik
Skor 2, apabila kreatif, kurang rapi, dan kurang menarik
Skor 1, apabila kurang kreatif, kurang rapi, dan kurang
menarik

PETUNJUK PENSKORAN DAN PENENTUAN NILAI KETERAMPILAN
1)   Rumus Penghitungan Skor Akhir

Skor Akhir =
Jumlah Perolehan Skor
x 4
Skor Maksimal

Kategori nilai sikap peserta didik didasarkan pada Permendikbud No 104 Tahun 2014 yaitu:

a.  3,85 - 4,00 dengan  huruf  A;
b.  3,51 - 3,84 dengan  huruf  A-;
c.  3,18 - 3,50 dengan  huruf  B+;
d.  2,85 - 3,17 dengan  huruf  B;
e.  2,51 - 2,84 dengan  huruf  B-;
f.  2,18 - 2,50 dengan  huruf  C+;
g.  1,85 - 2,17 dengan  huruf  C;
h.  1,51 - 1,84 dengan  huruf  C-;
i.  1,18 - 1,50 dengan  huruf  D+; dan
j.  1,00 - 1,17 dengan  huruf  D.

Ketuntasan kompetensi keterampilan sebagaimana dimaksud dalam PERMENDIKBUD NO 104 TAHUN 2014 Pasal ditetapkan paling kecil 2,67.

Artikel Lain:
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PPKn

1 comment: