Monday, June 22, 2015

Curi Stroke Dengan Mengganti Setang Seher


      Banyak mekanik yang sering otak-oatik mesin supaya tenaga yang dihasilkan meningkat. Setiap mekanik mempunyai kebiasaan-kebiasaan sendiri dalam mengerjakannya. Salah satunya dengan mengganti setang seher / Conecting rod. Di dunia balap liar atau dunia touring, trik ini sangat populer untuk memanjangkan stroke/ langkah seher namun tanpa paking tambahan di blok atau kepala silinder.
     Dalam balap, curi stroke dipakai di kelas standaran. Kelas standaran artinya tampang luar mesin harus terlihat standar, boleh Bore Up atau bahkan stroke up asalkan kondisi mesin tidak ada perubahan. Melihat dari trik tersebut, sah saja bila digunakan di motor harian agar performa lebih “Galak”.
      Kesempatan kali ini saya ingin berbagi materi tentang Stang Piston sepeda motor, Cara Naik Stroke Dengan Mengganti Setang Seher, informasi ini saya kutip dari berbagai sumber.
      Biasanya yang dipakai setang seher lebih pendek dari standar. Sehingga posisi seher lebih mendem dari asli. Posisi TMA (Titik Mati Atas) atau TMB (Titik Mati Bawah) tetap lebih turun. Posisi seher jadi mendem. Nah, karena seher mendem, agar sejajar dengan blok atas ketika top, harus naik stroke. Jadinya, dengan begitu walaupun naik stroke tidak perlu paking tebal. Dari luar nampak standar. Cara Naik Stroke Dengan Mengganti Setang Seher saja ini yang banyak dimanfaatkan mekanik untuk turun di kelas standaran.
      Untuk mencari setang seher pendek kita harus bisa mengukurnya. Sehingga kita bisa memilih stroke yang kita inginkan. Misalkan Suzuki Spin 125 panjang setang seher standar 102,5 mm. Supaya seher lebih mendem menggunakan setang seher Shogun 110 atau Smash yang 94 mm.

      Untuk itu kita mesti tahu cara mengukur panjang setang seher. Lebih jelas sambil lihat gambar 1. Rumus mengukur panjang setang seher = Panjang setang terdalam (A) + setengah diameter big end (C) + setengah diameter pen seher (B).

Lebih sederhanya, panjang setang seher (L) yaitu:

L = A + ½B + 1/2C
Sumber: (motorplus-online.com)




TABEL PANJANG SETANG SEHER

NO
Motor
L
C
B
Ket.
1
HONDA





Beat
93
13
25


Vario, CBS
93
13
26


CS 1
91
13
28


C70
91,5
13
23


C90
91
15
23


C-Series (Supra/grand, DLL)
94
13
25


Legenda
97
13
25


Karisma
100
13
25


CB 125
91
13
23


CB 100
103
14
26


GL 125/145 (GL 100, Max, Pro)
103,5
15
30


Tiger, Pro Neo, Mega Pro
105,5
15
30

2
YAMAHA





Crypton/Vega/Jupiter/Jupiter 110
92
13
26


Vega ZR
93,5
13
28


Mio/NouvoZ
93,5
15
28


MX / V-ixion
97
14
28


Scorpio
105
16
30


Byson
98
15
28


RX-King
100
16/20
22


RX-Z
105
16/20
22


F1Z-R
96
14/18
20


124Z
110
16/20
22

3
SUZUKI





Spin
97
14
28


Thunder 125

14



Shogun 110
94
14
28


Shogun 125
102,7
14
28


Raider/Satria FU/FXR
102,5
16
30

4
KAWASAKI





Kaze
100
13
26


ZX130
100,2
13
22


Ninja
105
15
25


Ninja KRR
104
19
22

5
Bajaj





Pulsar
104
17
30

 


Keterangan:
1. Semua satuan dalam mm
2. Khusus mesin 2-tak B angkanya ada dua. Misalnya punya 16/20. Artinya 16 mm besarnya pen seher dan 20 diameter lubang pen seher. Angkanya ada selisi karena di mesin 2-tak ada laher bambu di pen sehernya.
Demikian info dari saya, semoga bermanfaat. 

<script async src="//pagead2.googlesyndication.com/pagead/js/adsbygoogle.js"></script>
<script>
     (adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({
          google_ad_client: "ca-pub-8131525179470220",
          enable_page_level_ads: true
     });
</script>

10 comments:

  1. Awalnya aku hanya mencoba main togel akibat adanya hutang yang sangat banyak dan akhirnya aku buka internet mencari aki yang bisa membantu orang akhirnya di situ lah ak bisa meliat nmor nya AKI NAWE terus aku berpikir aku harus hubungi AKI NAWE meskipun itu dilarang agama ,apa boleh buat nasip sudah jadi bubur,dan akhirnya aku menemukan seorang aki.ternyata alhamdulillah AKI NAWE bisa membantu saya juga dan aku dapat mengubah hidup yang jauh lebih baik berkat bantuan AKI NAWE dgn waktu yang singkat aku sudah membuktikan namanya keajaiban satu hari bisa merubah hidup ,kita yang penting kita tdk boleh putus hasa dan harus berusaha insya allah kita pasti meliat hasil nya sendiri. siapa tau anda berminat silakan hubungi AKI NAWE Di Nmr 085--->"218--->"379--->''259'

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. bang ukuran big end stang seher thunder 125 brarpa yah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  4. Lak mbok dipasangin dewe togele

    ReplyDelete
  5. Suhu.mw nanya klo stang piston mega pro di ganti tiger apakah bnyak yg di rubah..trmaksih...

    ReplyDelete
  6. Saya mau tanya..
    Motor saya gl black engine saya mau ganti stang seher tiger itu nambah paking berapa mili

    ReplyDelete
  7. Makasih informasinya tadinya saya mau pakai setang seher shogun 110 masih ragu" karena saya mau naik stroke 6mm oke saya akan coba mudah" Han gx rugi

    ReplyDelete
  8. Suhu klo klx pke stang byson ada yg perlu d rubah gk?

    ReplyDelete