Friday, June 12, 2015

Tips Untuk Berhenti Merokok


      Kali ini saya akan berbagi tips untuk berhenti merokok. Tips yang saya berikan ini sedikit banyak dari pengalaman saya sendiri, bisa dibilang mantan “hisaper”.  Para penikmat dan pecandu rokok biasanya akan sulit untuk berhenti menghisap daun tembakau tersebut. Banyak yangberanggapan itu mustahil kalau mau terlepas dari rokok. Sampai kadang terdengar ucapan “Mending tidak makan daripada tidak merokok”.
      Banyak para perokok yang pesimis kalau dirinya tidak akan pernah berhasil berhenti merokok walaupun sebenarnya ada cara untuk berhenti merokok. Karena itu, sugesti seorang perokok harus dirubah, kalau sebelumnya berfikir berhenti merokok itu tidak bisa, sudah waktunya diganti dengan “Saya berhenti merokok!!”. Berikut tips untuk anda yg ingin berhenti merokok, tips ini dari pengalaman pribadi dan dari berbagai sumber.

Cara Berhenti Merokok

1.    Sadar diri dan Membulatkan Tekad
      Hal pertama yang perlu anda tanamkan dalam hati anda adalah NIAT. Niat ini bertujuan untuk mengetahui tujuan anda berhenti merokok? Untuk siapa? Yang pastinya untuk diri sendiri, keluarga dan orang-orang yang mencintai anda. Awali niat dan tekad anda dengan berdoa kepada Allah yang maha pembolak-balik hati. Pada awalan ini anda harus menemukan alasan yang kuat kenapa berhenti merokok. Beberapa alasan antara lain:
  • Ya PASTI untuk kesehatanmu! Coba ingat usia anda, bandingkan kesehatan anda dengan orang yang tidak merokok. Kita tidak perlu banyak bukti dan perdebatan. Ada ribuan fakta bahwa rokok akan segera membunuh anda. Semakin cepat anda berhenti merokok dan hidup sehat, maka semakin cepat organ tubuh anda yang rusak akibat rokok akan sedikit demi sedikit pulih.
  • Menghemat pengeluaran anda. Bulatkan tekad anda bahwa tidak ada gunanya membeli tembakau semahal itu hanya dijadikan kepulan asap. Kalau hanya ingin kepulan asap, bakar saja kertas atau barang di rumah anda lalu sedot asapnya, sama bukan? Mungkin asapnya malah lebih tebal. So, lebih baik uang anda gunakan untuk hal-hal yang bermanfaat. 
  • Anda bisa melihat orang di sekeliling anda, ibu, anak, istri atau pacar anda. Apakah anda tidak kasihan jika tiap hari harus menghirup asap rokok anda? Kita tahu bahwa perokok pasif itu lebih berbahaya.
2.    Rubah Mindset dan Sugesti Anda
      Mindset ini perlu untuk diubah. Banyak yang bilang bahwa berhenti merokok itu sulit. Coba bayangkan ketika anda makan nasi. Tiba-tiba di nasi tersebut ada ulat yang ikut termasak didalam makan anda. Apa yang akan anda lakukan? Memakan ulatnya?? tentu tidak mungkin. Tentunya anda akan serta merta dan spontan menghentikan makan anda dan bahkan anda akan berhenti makan seketika itu juga. Padahal mungkin sebelumnya anda sangat lapar tapi karena ada ulatnya, seketika itu juga perut anda malah jadi kenyang dan tidak nafsu makan. 
     Inilah mindset. Tanamkan dalam pikiran anda bahwa anda pasti bisa menghentikan rokok. Lihat orang-orang di sekitar anda yang mereka tidak pernah merokok. Apakah mereka mati kalau tidak merokok? Jawabannya adalah tidak.
Maka renungkan dalam hati dan pikiran anda, bahwa anda bisa berhenti merokok. Kalau perlu, anda boleh liat gambar-gambar akibat rokok (di bungku-bungkus rokok juga ada), bayangkan itu terjadi pada anda! So, tanamkan segera ke dalam pikiran anda bahwa anda bisa berhenti merokok.

3.    Tanamkan Rasa Malu
       Pengalaman saya, saya akan malu jika merokok di depan cewek yang saya sukai. Tips ini bisa masuk ke sugesti, Kuatkan rasa malu pada diri anda. Caranya adalah ketika anda akan merokok carilah tempat yang sepi yang tidak ada seorang pun yang melihat anda merokok. Jika ada orang lain yang lewat di depan anda segera sembunyikan dan matikan rokok anda. Apalagi jangan sampai anda merokok di depan anak, istri, keluarga atau pacar anda.
       Berfikirlah kalau merokok itu memalukan, tabu dan harus dihindari. Ulangi cara ini setiap kali bertemu orang. Setiap anda merokok anda hanya boleh melakukannya di tempat sepi dan tidak ada seorang pun. Jika ada orang yang melewati atau melihat anda, segera matikan rokok tersebut dan sembunyikan. Lama-kelamaan anda akan terbiasa dan anda akan malu yang pada akhirnya anda akan meninggalkan rokok anda dimana pun anda berada.

4.    Jauhi Teman Yang Merokok
       Nah, tips ini mungkin agak sulit untuk anda, karena beban kehidupan sosial. Tapi teman adalah pengaruh eksternal. Ibarat pepatah mengatakan jika seorang berteman dengan tukang pandai besi dia akan mendapat aroma besi di tubuhnya tapi jika seorang berteman dengan penjual minyak wangi, dia akan mendapat aroma wangi juga. Begitulah pepatah mengatakan. Mulai hari keempat jauhilah teman-teman anda yang suka merokok. Batasi hubungan anda dengan mereka. Mulailah mencari teman-teman yang baik yang tidak merokok.
5.     Bermainlah/ Berkunjung di tempat-tempat yang ada larangan merokok.
       Secara tidak langsung, cara ini dapat memaksa anda untuk tidak merokok. Karena pilihannya hanya ada dua, yaitu aman dan tidak aman. Kalau anda nekat merokok ditempat tersebut pasti akan banyak yang menegur. Tempat-tempat tersebut contohnya, di ruangan ber-AC, Warnet, Mall, kalau perlu sana main ke pom bensin. Pasti gak boleh merokok. Hehe… Bisa juga misalkan ada rapat diluar kantor, mintalah ruangan yang ber-AC.
6.     Buatlah Kegiatan Yang Tidak Mendukung Adanya Rokok.
      Ketika anda disibukkan dengan kegiatan yang padat dan tidak diperbolehkan adanya rokok, secara perlahan akan membantu anda melupakan tentang rokok. Contoh kegiatan, Bisa anda lebih rajin olah raga atau datang ketempat kebugaran, karena disana pasti akan membantu anda melupakan rokok, dan menjadikan anda hidup lebih sehat.

Demikian tips yang saya berikan, pastinya ada tips-tips lain yang bisa membantu anda untuk berhenti merokok. Yang penting bulatkan niat anda.
Kalau memang sulit lagi, coba jawab pertanyaan saya,
”APA SIH UNTUNGNYA MEROKOK???”
Silahkan direnungkan saja….. Sekian. 


No comments:

Post a Comment