Friday, June 12, 2015

Air Bersih Di Lesten, Gayo Lues, Aceh

     Lesten, wilayah yang terletak dipinggiran Kabupaten Gayo Lues, Aceh dianugerahi hutan yang sangat lebat dan masih terjaga kelestariannya. Dalam kesmpatan ini saya ingin sedikit bercerita sedikit tentang kemurnian dan kebersihan air minum disana. Pengalaman pribadi yang pernah berkunjung kesana.

      Sudah barang tentu, ketika disana ada hutan yg terjaga kelestariannya, disana pula pasti ada sumber mata air yang baik. seperti itu gambaran di hutan Lesten tersebut. Hutan yang dianggap surga bagi berbagai kehidupan hewan liar disana. Dalam perjalanan masuk wilayah tersebut, di sepanjang jalan saya sering menemukan jejak-jejak hewan liar dan besar. Tak jarang kami menemukan jejak kaki gajah yang baru saja dilewati, bekas-bekas ular besar yang berganti kulit. Cukup membuat bulu kuduk berdiri kalau melihatnya, dan berharap hewan-hewan tersebut tidak menemui saya... hehe.
      Kembali ke topik, Di sepanjang jalan, kami menemukan banyak sekali sumber-sumber mata air yang sangat jernih, bahkan saya tidak segan-segan untuk langsung meminum air tersebut. Antara haus dah nikmat segarnya. Semoga hutan ini menjadi hutan yang dilindungi, karena diwilayah lain kerusakan hutan sudah sangat memprihatinkan.


      Video tersebut diambil di pinggir kampung Lesten, air yang langsung diambil dari sumbernya untuk memenuhi kebutuhan warganya.
       Mungkin sedikit yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan dapat menginspirasi kita untuk selalu menjaga lingkungan kita agar tetap lestari. "Jangan wariskan air mata untuk anak cucu kita, tapi wariskanlah Mata Air".

No comments:

Post a Comment