Sunday, June 14, 2015

Tips Menu Makanan Di Bulan Ramadhan


     Bulan Ramadhan tahun ini sebentar lagii telah tiba. Perlu persiapan untuk menyambutnya, salah satunnya mengenai pola makanan yang setiap hari kita konsumsi. Makanan dan minuman hanya masuk ke tubuh pada saat sahur dan buka puasa saja. Makan sehat dan seimbang tentunya sangat diperlukan untuk menjaga asupan gizi  untuk tubuh. Makanan yang tidak seimbang dapat menyebabkan badan yang kurang fit ketika berpuasa.
     Variasi makanan ketika di bulan Ramadhan sangat diperlukan agar tidak bosan, tetapi harus tetap memperhatikan keseimbangan gizi dengan kebutuhan tubuh kita. Dalam kesempatan ini, saya ingin berbagi menu makanan dan minuman seimbang di bulan Ramadhan yang dilansir dari nhs.uk seperti di kutip merdeka.com. Menu makanan tersebut telah dikonsultasikan dengan ulama islam.
      Banyak orang sangat malas ketika makan sahu, karena perut belum siap menerima banyak makanan, padahal sahur sangat penting dalam berpuasa. Beberapa makanan pengganti saat sahur bisa menggunakan bubur dengan susu, sereal, roti panggang atau roti tawar, dan kacang-kacangan. Panggangan roti isi keju atau selai kesukaan bisa juga dibuat untuk makan sahur. Selain itu, bisa juga dengan ditambah beberapa buah segar seperti apel, pisang dan pir.
      Sedangkan untuk makanan saat berbuka puasa cenderung makanan berat dan berlemak. Kebiasaan balas dendam dengan makan sebanyak-banyaknya pada berbuka puasa tidak dianjurkan. Selain tidak dibenarkan dalam ajaran islam, kebiasaan tersebut bisa menyebabkan lambung tidak sehat.
      Alternatif makanan untuk berbuka puasa adalah nasi dengan lauk ayam, sayur kari dan campuran salad, dab kari ikan dengan diikuti bihun manis. Untuk penggemar makanan yang dipanggang, ikan panggan dengan sayuran yang direbus juga dapat menjadi solusi nikmat. Pasta yang dimasak dengan sayuran dan ayam atau ikan dapat pula menjadi pilihan yang baik. Mungkin masih banyak alternative lain untuk membuat inovasi ketika berbuka puasa, tentunya disesuaikan dengan isi “kantong” dan wilayahnya.
      Demikian sedikit tips memilih makanan untuk sahur dan berbuka puasa di bulan Ramadhan. SUDAH SIAP UNTUK BERPUASA?

No comments:

Post a Comment