Sunday, June 14, 2015

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PPKN Kurikulum 2013

Berikut ini saya akan sedikit membagikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PPKN Kurikulum 2013, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) ini berdasarkan pengembangan menurut PERMENDIKBUD NO 103 TAHUN 2014 yang saya pelajari di PPG SM-3T UNY Program studi PPKN. Dalam penyusunannya bisa disesuaikan dengan materinya, bisa dirubah.. asal tidak merubah sistematikanya.
Contohnya sebagai berikut:

                                            RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                      : SMA
Mata pelajaran           : PPKn
Kelas / Semester        : X / I
Materi Pokok            : Sistem Pemerintahan Demokrasi Berdasarkan Pancasila
Lokasi Waktu           : 1 Pertemuan ( ..... menit )

A.    Kompetensi Inti
1.      Sikap Spiritual
Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya
2.      Sikap Sosial
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.      Pengetahuan
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.      Keterampilan
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodiikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.       Kompetensi Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1  Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat.

2.1      Menghayati nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara

3.3. Memahami bentuk  dan kedaulatan Negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
3.3.1  Menjelaskan konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia
3.3.2  Mendeskripsikan bentuk pemerintahan Republik.
3.3.3  Menjelaskan sistem pemerintahan demokrasi berdasarkan pancasila
3.3.4  Mendeskripsikan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia
4.3 Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.1 Menyaji hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
4.3.2  Mengomunikasikan hasil telaah bentuk dan kedaulatan negara sesuai dengan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.


C.    Deskripsi Materi Pembelajaran

(Terlampir)


D.    Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 4
1.      Pendahuluan
a.       Guru mengucapkan salam diteruskan berdoa bersama peserta didik
b.      Guru melakukan presensi siswa.
c.       Memulai pembelajaran dengan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan pembelajaran minggu yang lalu, yaituCoba kalian sebutkan bentuk-bentuk pemerintahan yang sudah kalian pelajari pada minggu lalu!”
d.      Apersepsi guru dengan pertanyaan, “Indonesia menggunakan sistem pemerintahan apa? dan diajak, “Ayo sekarang kita mempelajari sistem pemerintahan demokrasi pancasila!”
e.       Guru menyampaikan informasi mengenai kompetensi dan tujuan yang akan dicapai yaitu peserta didik dapat mendeskripsikan sisetem pemerintahan demokrasi pancasila.
f.       Peserta didik dibagi dalam 2 kelompok
2.      Inti
a.      Mengamati :
-          Peserta didik mencari pengertian sistem pemerintahan, prinsip-prinsip pemerintahan, sistem pemerintahan presidensial, Pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia di buku paket secara berkelompok.
b.      Menanya  :
-          Peserta didik menanya berkaitan dengan sistem pemerintahan.
-          Peserta didik menanya berkaitan dengan prinsip-prinsip pemerintahan.
-          Peserta didik menanya berkaitan dengan sistem pemerintahan presidensial.
-          Peserta didik menanya berkaitan dengan pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia.
c.       Mengumpulkan informasi:
-          Peserta didik mencari informasi tentang arti sistem pemerintahan.
-          Peserta didik mencari informasi tentang prinsip-prinsip pemerintahan.
-          Peserta didik mencari informasi tentang sistem pemerintahan presidensial.
-          Peserta didik mencari informasi tentang pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia
d.      Mengasosiasi :
-          Peserta didik berdialog mencari arti sistem pemerintahan,  prinsip-prinsip pemerintahan sistem pemerintahan presidensial, pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia.
-          Peserta didik mencoba untuk menyimpulkan arti sistem pemerintahan,  prinsip-prinsip pemerintahan sistem pemerintahan presidensial, pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia.
e.       Mengomunikasikan :
-          Peserta didik mempresentasikan hasil kerja kelompok             
-          Peserta didik saling memberikan tanggapan terhadap hasil kerja kelompok lain

3.      Penutup
a.       Peserta didik dengan dibimbing oleh guru merumuskan kesimpulan dengan tanya jawab secara klasikal
b.      Peserta didik melakukan refleksi pembelajaran atas materi yang telah diperoleh selama pelajaran berlangsung
c.       Mengonfirmasi hasil kerja kelompok
d.      Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang akan dipelajari minggu depan yaitu kedaulatan negara republic Indonesia.
e.       Guru menutup pembelajaran dengan Do’a dan salam penutup.

E.     Penilaian
1.             Sikap Spiritual
a.              Teknik Penilaian           :    Observasi
b.             Bentuk Instrumen         :    Lembar Observasi
c.              Kisi-kisi                         :   Sikap Spriitual Beriman Kepada Tuhan Yang Maha Esa

No
Indikator
Butir Instrumen
1
Berdoa sebelum dan sesudah pelajaran.
1
2
Mengucapkan salam pada awal dan akhir menyampaikan pendapat
1
3
Bersyukur atas nikmat karunia Tuhan Yang Maha Esa
1
Instrumen: lihat Lampiran 1A

2.             Sikap Sosial
a.              Teknik Penilaian           :    Observasi
b.             Bentuk Instrumen         :    Lembar Penilaian Observasi
c.              Kisi-kisi                         :   Sikap Sosial Jujur

No
Indikator
Butir Instrumen
1
Tidak mencontek pada saat mengerjakan ulangan.
1
2
Berani mengakui kesalahan yang diperbuat.
1
3
Mengakui kekurangan yang dimiliki
1
Instrumen: lihat Lampiran 2A

Sikap Sosial
a.             Teknik Penilaian               :  Observasi
b.             Bentuk Instrumen            :  Lembar Penilaian Observasi
c.              Kisi-kisi                            :  Sikap Sosial Toleransi

No
Indikator
Butir Instrumen
1
Tidak mengganggu teman yang berbeda pendapat
1
2
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
1
3
Mampu dan mau bekerja sama dengan siapa pun yang memiliki keberagaman latar belakang, pandangan, dan keyakinan
1
Instrumen: lihat Lampiran 2B

3.         Pengetahuan
a.              Teknik Penilaian           :    Tes Tertulis
b.             Bentuk Instrumen         :    Uraian
c.              Kisi-kisi                          :  Arti Penting Semangat Persatuan dan Kesatuan untuk Memperkuat dan Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
No
Indikator
Butir Soal
1
1.      sistem pemerintahan
2.      prinsip-prinsip pemerintahan
3.      sistem pemerintahan presidensial
4.      pokok-pokok sistem pemerintahan Indonesia.
1 dan 2
3
4 dan 5
6 s/d 10
Instrumen: lihat Lampiran 3



4.             Keterampilan
a.              Teknik Penilaian           :    Observasi
b.             Bentuk Instrumen         :    Lembar observasi
          Kisi-kisi    :  Menjelaskan aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

No
Keterampilan
Butir Instrumen
A.
Penyajian
1, 2.3
1
Menanya/Menjawab
1
2
Argumentasi
1
3
Bahan Tayang/Displai
1
B.
Laporan
1, 2.3
1
Isi Laporan
1
2
Penggunaan Bahasa
1
3
Estetika
1
Instrumen: lihat Lampiran 4

                          
F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.   Media               :
-        Video ………………………………………….
-        ……………………………………
2.      Alat/ bahan                  :
-          LCD, Laptop
-          …………………………………………………..
3.      Sumber Belajar            :
-          Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mengetahui,
INSTRUKTUR PPG

_______________________
NIP.  

Yogyakarta, ___________
 

Jawi Winarno, S.Pd
NIM.   

Artikel lain:
Contoh Evaluasi Pembelajaran. Klik di sini

No comments:

Post a Comment