Monday, May 18, 2015

DRAMA PENYUAPAN



“SUAP”
Pemain            :
Dalam drama ini terdapat tiga orang pemain. Dari masing-masing pemain tersebut memiliki latar belakang yang berbeda beda. Pemain pertama yaitu Joko, calon Legislaif yang menghalalkan segala cara untuk menduduki jabatan yg diinginkan. Kedua, yaitu Dwi Sulistiawan,dia adalah seorang duda kaya raya yang mempunyai puluhan perusahaan dan ribuan karyawan, dia juga sahabat Joko sewaktu masih TK di kampung dulu. Pemain ketiga yaitu Ning, adalah seorang calon guru Pkn, dia adalah keponakan Dwi yang satu-satunya dari silsilah keluarganya yang dapat menginjak bangku kuliah, kebiasaan adat di kampungnya, anak perempuan setelah lulus SMP langsung dijodohkan oleh orang tuanya di kampung.
Suatu ketika pertemuan di salah satu Mall ternama dikota Solo, dan terjadilah percakapan...
Dwi    : Hai...Aku kayak pernah liat kamu, tapi siapa ya?? Perasaan aku tidak asing dengan wajah kamu...tapi siapa???
Joko   : Kamu saja lupa, apalagi aku. Salah orang mungkin mas..??
Dwi    : Enggak, beneran...aku lupa.
           Oiya..kamu dulu sekolah TK nya di Pertiwai III ya?
Joko   : Lhoo...ko sampean beneran tahu? Padahal saya kira tadi mas cuma ngarang saja... hehehe
           Tapi siapa ya mas, kok aku malah yang lupa beneran?
Dwi    : Hemmm... kamu sombong Ko sekarang, sama temen saja sudah lupa... hehehe becanda Ko!
           Aku Dwi, yang dulu seangkatan sama kamu di TK Pertiwi III, paling ngeyel sendiri pokoknya kalau urusan sama guru...hahaha!
Joko   : Oaaalllahhh... Dwi Dwi... kamu tow.. iya..iya.. sekarang aku sudah ingat.. Dwi buron kan..??
           Maaf ya, aku beneran lupa dengan kamu Wi sekarang, zaman sudah berubah jauh sih... kamu juga sudah banyak berubah.. hahaha
Dwi    : iya..tu ingat juga nyatanya, dasarnya kamu saja yang sombong...
Joko   : hehehe bisa aja kamu Wi, aku lupa sama kamu yang sekarang sudah beda banget...tambah sangar    aja...waoow...
Dwi    : Hemmmm... mulai deh... mau menyanjung atau menghina??? Hahahaha
            Eh... gimana kabar mu sekarang, tiggal dimana sekarang? Kerja dimana?
Joko     : hehehe gak kok, Cuma pengen becanda saja...
Hemm.. domosili aku sekarang di Solo saja, dekat Kampus UMS. Dan pekerjaan ku ya “Pengacara”... pengangguran banyak acara gitu lah. hahaha..sembari bergabung dengan Partai Politik saja.
Lha...kamu sekarang ada kesibukan apa??? Kok kayaknya belanjaannya banyak sekali?
Dwi     : Wah...aku sekarang ya kayak begini, belanja untuk keperluan kantor...aku punya 20 perusahaan dengan berbagai bidang, dan aku punya 15.500 karyawan tetap dan kontrak. Aku tinggal melanjutkan pekerjaan ayah ku dulu...
Joko     : Hebat..., pantang menyerah...
Dwi     : hehehe... biasa saja..
            Oiya... berarti yang ada diiklan TV itu kamu ya, salah satu Caleg di Pemilu nanti? Katanya tadi ikut Partai Politik. Soalnya aku tidak begitu peduli dengan iklan kemarin...
Joko     :o...kamu lihat juga ya? Iya itu aku... sebagai teman jangan lupa dukung aku ya? Katanya temen?? Kwakakaka
Dwi     : iya deh...insyaallah, tak do’ain juga semoga kamu bisa jadi wakil rakyat..
Joko     : makasih...tapi ya jangan do’a saja, contreng nama saya nanti... kan do’a juga harus ada usaha?? Ya gak??
            Oooiya...kamu tadi bilang punya belasan ribu karyawan... bagaimana kalau kita berbisnis??
Dwi     : iya benar... Bisnis apa??
Joko     : Okey...mari kita duduk-duduk dulu sambil cari suasana, sekalian juga ngobrol tentang bisnis baru kita...
Dwi     : Baik...disana saja sekalian pesan minum. (sambil menunjuk tempat duduk yang kosong)
            Oiya...bisnis apa yang kamu tawarkan kepada saya?
Joko     : Begini Wi...aku ada 200juta untuk kamu, tapi ada syaratnya...
Dwi     : 200juta?? Syarat apa bos...??
Joko     : Kamu tak kasih 200juta, tapi dengan syarat semua karyawan diperusahaan kamu diwajibkan untuk memilih saya pada saat pemilu nanti... gampangkan??? Hehehehe J
Dwi     : Oww...begitu tow? Wahh, berati ada maunya dong?? Hahaha... gak gak gak... tapi bisa juga diatur tuh...!
Joko     : ya begitu lah maunya...? J
Dwi     : tapi bagaimana caranya?? Bukanya mereka mempunyai hak untuk bebas memilih..? menyalurkan aspirasinya.

Ketika Joko dan Dwi baru asyik bernegosiasi tentang bisnis barunya yang ditawarkan oleh Joko, datanglah Ning (keponakan Dwi) yang kebetulan juga sedang jalan-jalan di Mall...yang tak lain adalah calon guru Pkn alias Mahasiswa FKIP jurusan PPkn.

Ning    : Hai semuanya.. malah ketemu disini! Mengganggu apa tidak nih??
Dwi     : Lho..kamu juga belanja kesini tow? Gak kok, duduk sini saja...pesan minum disana, nanti saya yang bayar.
Ning    : Wokeeeyyy...(senang kalau dapat gratisan.. J)
Dwi     : O..iya..kenalkan, ini teman ku dulu waktu masih TK. Tadi kebetulan ketemu disini.
Ning    : Heemmm... nama Ning maz!! (sambil mengulurkan tangan ke Joko untuk berjabat tangan)
Joko     : Joko... salam kenal ya Ning..!
            Wi...Bagaimana kelanjutan bisnis kita tadi?
Dwi     : oiya..malah kelupaan lagi aku.. J
            Lha bagaimana ya? Kalau aku sih tergantung pada mereka mau apa tidak.
            Aku kan tidak tau masalah politik...
Joko     : 200juta Lho Wi, bukan uang yang sedikit dan mudah untuk dicari.
            Ya kamu bisa mengadakan metting untuk masalah itu, toh kekuasaan penuh kan ada ditangan kamu.
Dwi     : Iya ya... tapi apa aku masih ragu.
Joko     : Ragu apa Kurang?? J
            Kalau begitu, perusahaan kamu setiap tahunnya berapa rupiah harus bayar pajak?
Dwi     : Aku ragu untuk mengondisikan mereka? Masalahnya aku tidak biasa ikut berpolitik.
            Perusahaan ku, 2M untuk bayar pajaknya.
Joko     : Masalah gampang itu, Kamu tinggal bilang aja mau di PHK kalau tidak memilih saya. Selesaikan?
            Nanti kalau aku sudah jadi pejabat, perusahaan kamu 50% saja bayar pajaknya, nanti bisa diatur... bagaimana??
Ning    : Wahh... baru ngobrolin apa sih?? Kok ada uang sebanyak itu?
Dwi     : hemm...begini lho? Mas Joko berani bayar 200 juta untuk bayar semua karyawan yang mbak mita miliki, tapi harus memilih mas Joko.. kan kebetulan mas Joko caleg pemilu nanti.
Joko     : Ya sekalian kamu nanti gampang Ning, Nanti kalau kamu jadi kader saya... nanti kamu tak jadikan Pegawai Negeri, teman-teman saya banyak disana.
            Bukan perkara yang sulit itu..
Ning    : Berarti ada Money Politic dan Kolusi dunk mas... itu kan bertentangan dengan undang-undang.
Joko     : Heleh... undang-undang ada kan untuk dilanggar?? Lagian ini juga bukan hal tabu lagi, sejak jaman majapahit juga sudah ada.
Dwi     : hahaha.. bisa aja kamu mas..!!!
Ning    : Tapi yang jelas itu melanggar aturan Pemilu, yang katanya Jurdil dan Luber.
            Kalau mas pakai cara seperti itu?? Indonesia mau jadi apa? Apa kata dunia???
            Toh.. kalau beneran jadi nanti sampean juga tidak memikirkan rakyat, Cuma mikirin cari uang untuk balikin modal pemilihan ini..
Joko     : halah...kamu anak kecil we tau apa?? Sekarang tidak ada jurdil dan Luber.. itu Cuma buat slogan saja.
            Ada pepatah juga, seribu jalan menuju ke Roma.
Ning    : Saya tau banyak maz, yang pasti setahu saya cara yang anda gunakan itu tidak benar.
            Seribu jalan ke Roma, tapi apa begitu caranya... salah besar itu! Itu tidak dibenarkan di agama maupun hukum.
Joko     : Wi... Kok malah ada ustadzah disini??
Dwi     : Sudah...sudah...sudah
            Kok malah jadi begini, yaudah maaf sebelumnya.. 15 menit lagi saya ada pertemuan dengan calon insvestor asing, kapan-kapan kita bisa ngobrol atau ketemu lagi ya maz.. soal ini!
Joko     : ya sudah tidak apa-apa, ini kartu nama saya... kamu bisa atur waktu kapan bisa ketemu lagi, nanti saya usahakan datang.
            Sekarang aku juga sudah tidak nyaman lagi kok..
Dwi     : Oke.....lain waktu kita bertemu lagi..

Mereka bertiga meninggalkan tempat mereka ngobrol, kecuali Dwi dan Ning tetap bersama karena kebetulan rumah mereka bersebelahan. Dan dalam perjalanan pulang terjadilah perbincangan diantara mereka berdua...

Ning    : Mas...kamu mau kemana, pulang dulu apa lansung kekantor?
Dwi     : aku kerumah dulu, ada apa?
Ning    : gak ada apa-apa, Cuma tanya aja..
            Oiya mas... soal mas Joko tadi, tanggapan mu bagaimana mas?
Dwi     : malas mikir ah... kamu sih malah merusak suasana?
Ning    : ya maaf...bukan maksud ku kayak itu.
Aku gak senang saja melihat calon wakil kita, calon wakil rakyat, calon pembawa aspirasi kita semua ternyata menggunakan jalan yang tidak baik untuk mencapai kedudukannya. Apa jadinya nanti jika dia atau mereka-mereka yang tidak baik malah jadi duduk di legislatif...
tapi bagaimana tanggapannya?? Kok gak mau menjawab?
Dwi     : gimana ya...aku bingung sih, lumayan juga dia berani nawarin 200juta untuk hak pilih karyawan ku. Malah ditambah kalau nanti dia jadi Legeslatif, Pajak perusahaan ku dapat potongan 50%.
            Hebat kan???
Ning    : hebat dari mana?? Kan sudah jelas...itu namanya penyuapan hak suara alias money politic mas. Dan kita sebagai warga negara yang sadar hukum mempunyai tanggung jawab moral untuk menolak praktek-praktek yang berbau KKN (Korupsi, Kolusi dan Nepotisme).
Dwi     : ya aku juga mengerti, tapi bagaimana 200juta Ning...ditambah 1M tiap bulan!! Bukan uang yang sedikit lho??
            Toh aku kan juga tidak dirugikan, sedikit bekerja tapi dapat keuntungan yang melimpah.
Ning    : iya...berarti mbak lebih kejam dari penjajah jepang dulu, yang hanya mementingkan kepentingannya sendiri tanpa peduli dengan hak-hak orang lain..
Dwi     : kok bisa???
Ning    : iya dunk...mas dapat untung yang banyak secra pribadi, tetapi dengan menindas hak suara karyawan mu mas... yang seharusnya mereka bebas menentukan pilihan sesuai pilihannya sendiri, tidak diatur kamu mas atau orang lain. Itu hak pilih mereka mas..!!
Dwi     : tapi aku kan cuma sekali ini saja...
Ning    : sekali?? Tapi itu membawa imbas 5 tahun kedepan, tau apa tidak mas.
            Apa mas tau dari mana mas Joko punya uang sebanyak itu yang diberikan ke kamu mas, mungkin juga keberapa orang lain juga?
Dwi     : ya yang pasti itu uang dia kan, tidak penting darimana asal uang itu..
Ning    : itu penting bagi ku mas, karena saya yakin setelah dia menjadi legislatif dia tidak bisa membawa amanat rakyat yang telah dipercayakan kepada dia. Tapi Cuma berfikir bagaiman caranya untuk mengembalikan uang yang sudah dikeluarkan untuk pencalonan dirinya ini, lebih-lebih untuk memperkaya sendiri.
Dwi     : apa iya...begitu tow?? Trus itu uang siapa?
Ning    : ya kayak begitu lah gambarannya...
            Kalau masalah itu uang siapa, ya yang pasti itu uang rakyat...uang kita semua,
 yang seharusnya untuk pembangunan negara, malah dikorupsi untuk
kepentingan pribadinya sendiri.
Dwi     : hemmmm...ya ini sekali saja, nanti kalau ada pemilu lagi tidak lagi.
Masalahnya di juga teman ku sewaktu kecil, aku gak enak hati sama mas Joko.
Ning    : lho...ya percuma dunk mas, kalau benar-benar mau berantas KKN ya harus mulai sekarang dan dimulai dari diri sendiri dengan hal kecil sekalipun. Kalau sekarang memberi peluang dia untuk jadi legislatif, berarti membiarkan 5 tahun kedepan negara ini dimanfaatin oleh orang-orang yang gak jelas kayak dia..
Dwi     : Huuus...gak baik ngatain orang kayak begitu.
            Ya nanti bagaimana dengan aku, kan sudah banyak ngobrol sama mas Joko?
Ning    : tapi mas kan belum bilang “iya” ke dia? Ya mas bilang aja lagi ma dia, kalau mas tidak bisa menerima tawaran itu. Gampang kan?? Ya mas harus pinter-pinter bilang ke dia, jangan sampai juga tersinggung dia nya.
Dwi     : ya mas belum ada kesepakatan tentang itu.
ya nanti lah tak atur jadwal ketemuannya sama mas Joko..
Ning    : Nah..begitu dunk..!!! aku senang mendengarnya...
Ini untuk kepentingan bersama mas, dimuali dari hal yang kecil dulu... suatu hari pasti menjadi hal yang besar dan berguna untuk negara.
Hehehe
Dwi     : alah...kamu itu lho, berlebihan tau!! Ini ngomong-ngomong cepat sekali sampai rumah, tidak terasa.
Ya dah, aku masuk rumah dulu ya.
Ning    : yowwww...

Dwi langsung berjalan masuk rumahnya yang mewah, dan Ning sendiri juga masuk rumahnya yang kebetulan berdekatan. Setelah mendengarkan nasehat dan kritikan-kritikan dari Ning dalam perjalanan pulang tadi, Dwi berfikir lagi tentang penyuapan itu. Dia mulai sadar bahwa suap itu hanya menguntungkan pihak-pihak tertentu saja.
Setelah yakin dengan hal itu, Dwi mengatur rencana pertemuan dengan Joko via telfon selullar. Setelah melihat kartu nama yang diberikan oleh Joko tadi.

Joko     : ya hallo... ini siapa ya?
Dwi     : ini dwi buron..
Joko     : Ooo.. kamu tow, akhir nya telfon juga. Hehehe
            Bagaimana, ada kabar apa?
Dwi     : ada waktu luang kapan, kita ketemuan saja dan ngobrol langsung saja tentang masalah tadi itu?
Joko     : kok malah tanya aku? Kamu kan yang lebih sibuk kan?? Hehehe
            Kalau aku banyak waktu untuk hal itu.
Dwi     : ya udah, dua hari lagi kita bertemu di tempat yang tadi saja ya.
            Kalau bisa jam 7 malam ya. Siang aku ada metting masalahnya.
Joko     : oke...aku pasti datang, ku harap ada kabar baik yang datang dari kamu.
Dwi     : ya liat saja nanti, samapi jumpa nanti ya??
Joko     : oke..sama-sama..
Dwi     : yo...i cuy..

Dua hari kemudian...
Sesuai perjanjian yang disepakati tempo hari, mereka berdua akhirnya bertemu lagi ditempat yang telah ditentunkan. Dan terjadilah percakapan antara keduanya..

Joko     : Selamat siang pak directur...hehehe akhirnya bisa bertemu lagi.
Dwi     : selamat siang juga, sudah lama disini?
Joko     : Wah...kebetulan belum lama, ne juga baru pesan minum.
Dwi     : Maaf.. aku terlambat, biasa...tadi agak macet dijalan, dan ada keperluan mendadak sebentar.
Joko     : Oh...gak apa-apa bos, maklum lah orang kamu juga sibuk og.
Dwi     : ya begitu lah..
Joko     : Oo..iya.. bisa dilanjutkan?? Bagaimana dengan rencana kita pak..?
Pokoknya nanti gampang urusannya denan saya, terus masalah birokrasi nanti sampean tak bikin mudah dengan pajak-pajak itu. Yakin saja dan percaya..
Sampeankan juga tau siapa saya kan..?? hehehe..
Dwi     :yahh...begini Ko.. maaf sebelumnya, kalau ini kurang menyenangkan buat kamu.
Aku sudah memikirkan tentang tawaran itu, dan saya tidak bisa menerima tawaran itu. Tapi bukan berarti saya tidak senang kamu sebagai caleg.
Joko     : lha memangnya kenapa, toh itu juga kamu yang untung banyak..
Apa Cuma arena omongan anak kemarin sore itu yang membuat kamu berubah pikiran.?
Dwi     : iya sih, itu tawaran yang bagus...hehehe
Tapi aku punya pandangan sendiri Ko...setelah aku pikir-pikir, saya tidak berani ambil resiko dengan karyawan-karyawan saya. Banyak sekali imbas dari tawaran itu.. dan saya tidak mau hal itu terjadi..
Joko     : Resiko apa sih? Ini tidak ada yang tahu soal ini... lagian Cuma kita berdua yang tahu..
Dwi     : bukan itu maksudku.
 Begini, dengan memaksa mereka memilih salah satu calon itu bukan hal tepat, karena saya tau mereka punya pilihan yang berbeda-beda dan yang paling penting itu adalah hak mereka menentukan pilihannya sendiri. Saya tidak mau psikis mereka terbebani dengan ini, karena itu akan mempengaruhi kerja mereka..
Joko     : alahhh.. kenapa mikirin kayak begitu, kan nanti tinggal ganti karyawannya saja yang sudah tidak niat bekerja..
Dwi     : tidak segampang itu Ko..Saya lebih berfikir kejangka panjang dan kesejahteraan karyawan saya.. dari pada untuk pribadi saya sendiri..
Joko     : sombong kamu... tidak peduli dengan teman yang baru minta bantuan!
Dwi     : maaf...saya peduli dengan kamu, tapi ya tidak begitu caranya.. ada cara yang lebih positif yang bisa dilakukan.
Joko     :prekk...percuma saya tadi kesini..
Dwi     : ya sekali lagi saya minta maaf... tapi saya juga berdo’a semoga apa yang kamu cita-citakan dapat terwujud. Dan kamu bisa bawa negara ini lebih maju lagi daripada sekarang..
Joko     : Ya dah, intinya kamu menolak tawaran saya kan?? Tidak usah basa-basi..
Dwi     : Maaf Ko...
Joko     : Okey... selamat melanjutkan kerja lagi dan mengurusi karyawan-karyawan mu itu...aku masih banyak janji dengan pendukung-pendukung saya yang lain.
Dwi     : ya sudah, silahkan.
            Yang pasti saya sebagai teman, tetap senang kamu bisa menjadi caleg.
Joko     : ooiya.. saya juga akan buktikan kepada mu kalau nanti saya bakal terpilih... walau tanpa dengan karyawan-karyawan gak mutu mu itu..
Dwi     : ya dah... sukses saja..
            Sampai jumpa lain waktu. Selamat siang...
Joko     : selamat siang..!

Mereka langsung meningalkan tempat duduknya masing-masing setelah bersalaman. Apalagi dengan Joko, dia langsung meninggalkan tanpa sepatah kata lagi, dengan marah yang tertahan dia berlalu.
2 minggu kemudian setelah pemilu telah selesai dilaksanakan, dan penghitungan suara telah diumumkan. Tersiar kabar di koran harian kota, disana dengan jelas didepan tersirat kabar tentang caleg Joko yang diusung Partai Rojolele masuk rumah sakit jiwa. Dalam beritanya tertulis bahwa caleg tersebut mengalami gangguan jiwa setelah dia dinyatakan tidak lolos dalam pemilu yang sudah dilaksanakan dan yang faktor yang paling mempengaruhi adalah karena Joko terlilit hutang dimana-mana yang nominalnya luar biasa besarnya. Yang pasti dia kesulitan dan tidak mampu membayarnya. Karena aset kekayaan yang dimilikinya tidak ada 5% dari hutang-hutangnya. Dan keluarganya pun berantakan dan hidup tidak tentram karena dikejar-kejar hutang dimana-mana.

No comments:

Post a Comment